Ada Apa Dengan UN?

UN alias Ujian Nasional mungkin jadi sesuatu yang paling dikhawatirkan oleh sebagian bahkan banyak siswa-siswi SMA dan SMP. Hampir bisa dipastikan kalo waktu-waktu menjelang UN atau mungkin awal-awal naik kelas 3, siswa-siswi ini merelakan waktu mainnya untuk belajar lebih di Bimbel atau Privat. Mereka membayangkan nantinya akan lulus atau tidak. Jika selembar kertas bernama Ijazah yang mereka terima tertulis “LULUS” maka selamatlah dia dari segala caci maki, hantaman, dan hinaan dari orang lain. Tetapi yang paling dikhawatirkan ketika tulisan di ijazah tersebut tertulis “TIDAK LULUS”. Nah lho, malunya bukan kepalang. Sampai-sampai depresi dan bisa jadi bunuh diri.

Sebenernya, siswa-siswi ini tidak perlu khawatir tentang masalah kelulusan mereka. Lulus atau Tidak lulus hanya sebagian kecil dari masalah yang mereka hadapi. Saya sendiri sering memberi saran untuk adik-adik kelas saya di SMA untuk jangan terlalu khawatir tentang masalah kelulusan, tetapi khawatirkan masalah dimana tempat anda melanjutkan kuliah, bisakah anda masuk ke tempat kuliah tersebut, dan siapkah anda menjadi seorang mahasiswa.

Ngga lucu toh kalo mereka membanggakan kelulusan mereka tetapi harus menanti satu tahun lagi untuk masuk perguruan tinggi? atau mungkin masuk perguruan tinggi yang tidak mereka idam-idamkan sehingga pada saat kuliah malah berantakan?

Sedikit saran dari saya, jangan biarkan teman anda, saudara anda, sahabat anda, anak anda, keponakan anda, tetangga anda yang akan menghadapi ujian nasional ini menjadi depresi dan terlalu mengkhwatirkan segala sesuatunya. Karena perjalanan mereka masih jauh.

picture from : Google

One Response to Ada Apa Dengan UN?

  1. cara masak says:

    UN jalani aja dengan santai, tata hati dan pikiran penting agar tetap tenang dalam jalani tes, seperti ketiga meninggalkan sepeda motor di parkiran pastikan sudah tahu tips mencegah pencurian kendaraan

Leave a comment